Kamis, 26 Desember 2019

Hal yang Harus Diperhatikan untuk Membuat SDM Unggul

Globalisasi membuat batas antar negara semakin tidak nampak, perpindahan barang dan manusia menjadi lebih mudah. Kadin mendorong pembangunan SDM yang unggul agar mampu bersaing di dunia industri. Saat ini, SDM Indonesia juga harus mampu bersaing dengan para tenaga kerja asing dan harus siap menghadapi persaingan global.

SDM Unggul
sumber : beritatagar.id
Indonesia akan menjadi lebih produktif jika memiliki SDM yang potensial, kreatif, unggul dan juga memiliki intelektual. Tentu pembangunan SDM ini bukan hal yang mudah dan harus dilakukan dalam waktu yang panjang. Namun, bukan berarti Indonesia tidak bisa menciptakan generasi berkualitas dan siap bersaing. 

Hal Hal yang Harus Dibenahi untuk Menciptakan SDM Unggul

Kemajuan Indonesia akan ditentukan oleh bagaimana SDM kita mengelola kekayaan negeri ini. Berikut ialah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menciptakan SDM Berkualitas.

  • Pendidikan
Bukan menjadi rahasia lagi bahwa pendidikan adalah fondasi terbesar untuk membentuk SDM yang berkualitas. Pendidikan yang baik tentu akan meningkatkan mutu dan kualitas manusia. Indonesia harus bisa membenahi hal paling mendasar ini jika ingin menciptakan SDM yang unggul untuk bersaing dengan pasar global.

Perbaikan sistem pendidikan Indonesia mencakup banyak hal mulai dari kualitas guru, kurikulum hingga pemerataan pendidikan. Jika semua hal ini sudah diperhatikan dengan baik maka Indonesia bisa menciptakan SDM dengan daya saing tinggi.  

  • Peningkatan Keterampilan
Menurut Kadin Indonesia, kebutuhan industri saat ini membuat SDM harus memiliki keterampilan yang mendalam. Pemerintah harus fokus memberikan pelatihan keterampilan untuk membuat SDM berkualitas. Dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, tenaga kerja terampil kita masih sedikit. 

Para calon tenaga kerja harus diberikan pelatihan keterampilan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan industri. Dengan cara ini, setiap manusia memiliki kemampuan yang membuat mereka mampu bersaing dengan tenaga asing. Pelatihan kepada masyarakat bisa diselenggarakan oleh pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta. 

  • Teknologi
Penguasaan teknologi adalah hal yang mutlak harus dimiliki oleh setiap individu. Hal ini dikarenakan setiap lini menggunakan teknologi untuk membantu manusia. Selain kemampuan SDM dalam menguasai teknologi, fasilitas teknologi juga harus ditingkatkan. Dengan cara ini, maka tidak ada lagi ketimpangan yang terjadi diantara SDM di Indonesia. 

Teknologi dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif. Para tenaga kerja asing memiliki nilai lebih pada penguasaan teknologi, terlebih di negara maju infrastruktur teknologi sudah maju. Demi menciptakan SDM unggul, pembangunan sistem teknologi juga harus diperhatikan. 

  • Jiwa Wirausaha
Pemerintah menyadari bahwa kegiatan wirausaha dapat membantu perekonomian negara. Kadin Indonesia menjadi wadah untuk mendorong masyarakat melakukan kegiatan bisnisnya sendiri. Dengan kemampuan menciptakan usaha, tentu membuat lapangan pekerjaan semakin meluas dan membuat Indonesia menjadi lebih produktif.

Setiap orang bisa melakukan kegiatan usaha sendiri namun apakah terdapat kemauan? Disini tugas pemerintah untuk menciptakan jiwa wirausaha pada setiap masyarakat. Dengan cara ini maka SDM akan menjadi lebih unggul dan kreatif.  Lapangan pekerjaan akan lebih terbuka dan ekonomi semakin meningkat. 

Demi membuat usaha yang baik, maka dibutuhkan pemikiran yang kreatif dan inovatif sehingga membuat bisnis yang baik. Pemerintah juga bisa melakukan pelatihan kewirausahaan ke berbagai kalangan sehingga meningkatkan keinginan untuk berusaha.

Menciptakan SDM yang unggul adalah pekerjaan yang kompleks dan harus dilakukan terus menerus. Kadin Indonesia siap membantu pemerintah melalui kegiatan wirausaha. Dengan SDM yang unggul, maka Indonesia siap untuk bersaing dengan negara lain dan membuktikan diri.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar