Sabtu, 29 Februari 2020

Wow! Ini Fakta Mengejutkan Tentang Bahaya USB Type-C yang Wajib Kita Ketahui

USB Type-C
Sumber: pinterest.com
Dewasa ini port USB dengan Type C sudah banyak digunakan oleh setiap smartphone. Bahkan bisa dibilang sudah menjadi port standar khusus untuk gadget baru. Bagaimana tidak? USB-C ini mempunyai kemampuan transfer data yang lebih cepat, yaitu 10GB atau kisaran 20 kali lebih cepat dari USB dengan tipe lama. USB C juga mempunyai bentuk simetris dimana si pengguna bisa mencolokkan kabel ke port gadget dengan mudah. 

Yups, USB C memiliki potensi besar mengubah dunia teknologi jadi semakin baik,  namun masih belum cukup aman. Masih banyak hal yang harus dilakukan untuk memastikan kalau USB C ini aman untuk digunakan. Berikut fakta-fakta tentang dampak buruk USB C yang wajib kamu ketahui!

1. Tingkat Bahaya yang Sangat Tinggi

Sumber: pinterest.com
Fakta pertama tentang teknologi USB-C ini adalah tingkat yang lebih tinggi daripada generasi yang sebelumnya, yaitu micro USB. Masih banyak para pengguna yang sepenuhnya tidak memahami tentang bahayanya USB-C. USB-C dirancang dengan teknologi yang lebih canggih dimana dapat mengirim data lebih cepat dan banyak serta transfer daya yang lebih besar. Itulah kelebihannya. Tapi kalau kualitas pada kabel USB Type C tidak sesuai standar, maka bisa menghancurkan perangkat kamu dengan cepat. 

2. Bahayanya USB-C yang Tidak Ori

Sumber: pinterest.com
Bukan cuma bisa merusak perangkat saja, menggunakan kabel USB-C tidak ori atau palsu juga dapat membahayakan penggunanya. Pasalnya rancangan dari kabel USB dengan Type C ini lebih rumit dalam mengatur daya dan data. Tidak semua orang memiliki pengetahuan tentang teknologi yang lebih mendalam. Bagaimana kalau orang awam membeli kabel USB-C sembarangan, baik itu untuk pengganti atau sebagai cadangan. Demi keamanan, di sarankan kamu memakai kabel USB-C ori atau bawaannya saja. 

Baca juga : Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Smartphone Android

3. Fast Charging

Sumber: pinterest.com
Masalah ini sebenarnya bukan cuma soal kualitas kabel yang buruk, tapi beberapa produsen ponsel juga diketahui tidak bermain sesuai dengan aturan yang ada. Misalnya, USB-C yang memang diklaim bisa melakukan proses pengisian daya baterai yang jauh lebih cepat daripada USB biasa. Teori ini bisa dikatakan benar adanya. Tapi juga boleh disebut tidak sepenuhnya benar. Jadi, kita harus lebih jeli dalam memperhatikan perihal ini.

4. Kecurangan Pembuat Aksesoris Gadget

Sumber: pinterest.com
Masih ada sebagian produsen aksesoris nakal yang memakai kabel micro USB standar dan cuma mengganti bagian ujung pada kabelnya saja dengan bentuk USB-C. Ini sudah jelas bisa membahayakan sebab dapat merusak perangkat kamu yang dasarnya memakai USB-C. Kalau kabel data kamu hilang atau rusak, ada baiknya kamu membeli di produsen resmi dari ponsel yang kamu gunakan. Meskipun lebih mahal, namun lebih baik mengeluarkan banyak budget demi menjamin keamanan perangkat.

5. Tidak Adanya Standardisasi

Sumber: pinterest.com
Banyak produsen gadget yang ingin memberikan tonjolan fitur tertentu yang nyatanya tidak lebih baik ketimbang kelebihan dari USB-C itu sendiri. Hal ini membuat spesifikasi USB-C belum ter-standardisasi dari pihak pabrikan ponsel serta pembuat aksesoris pihak ketiga. 

Berbagai fakta-fakta diatas semoga bisa menambah wawasan kalian tentang bahayanya USB-C yang wajib kalian ketahui! Sedikit saran dari kami, jika kabel USB-C kalian rusak atau hilang. Lebih baik memilih USB-C dari produsen smartphone yang ori untuk menjaga keamanan kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini!
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar