Selasa, 16 Juni 2020

Pakai Masker Kain, Ini 7 Hal yang Perlu Diperhatikan

Pakai Masker Kain, Ini 7 Hal yang Perlu Diperhatikan

Memakai masker menjadi hal yang wajib saat ini. Bukan masker wajah untuk perawatan, melainkan masker yang digunakan untuk melindungi diri dari virus dan bakteri. Ada dua jenis masker yang disarankan untuk dikenakan, yaitu masker bedah dan masker kain.

Sejak dikeluarkannya himbauan dari pemerintah, masyarakat diminta untuk memakai masker dari kain. Sedangkan masker bedah dikenakan oleh tenaga medis karena mereka memiliki risiko yang lebih tinggi.

Memakai masker berbahan kain

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memakai masker kain. Apa saja itu? Berikut ulasannya. 

1. Masker dikenakan oleh orang yang sehat dan yang sakit

Masker tidak hanya dikenakan oleh orang yang sakit, namun juga dikenakan oleh orang yang sehat. Hal ini demi melindungi diri dari risiko tertular virus, terutama ketika Anda sedang berada di tempat umum dan keramaian.

2. Cuci tangan sebelum memakai masker

Sebelum mengenakan masker, cuci tangan Anda menggunakan air dan sabun selama 20 detik. Anda juga bisa menggunakan cairan antiseptik atau hand sanitizer untuk membersihkan tangan Anda. Yang penting, pastikan tangan Anda bersih sebelum mengenakan masker.

3. Masker harus menutup hidung, mulut, dan dagu

Masker kain yang Anda buat atau beli harus menutup bagian hidung, mulut, dan dagu Anda. Sesuaikan dengan ukuran wajah. Jangan sampai Anda membeli masker yang terlalu kecil atau terlalu besar agar ketiga bagian wajah ini tertutup dengan sempurna dan Anda masih bisa bernapas dengan lega.

4. Jangan buka tutup masker

Meskipun Anda merasa gerah dan tidak tahan memakai masker terlalu lama, jangan buka tutup masker. Pastikan Anda terus mengenakan masker dan hanya dilepas ketika sudah selesai beraktivitas.

5. Jangan menyentuh masker

Anda juga tidak boleh menyentuh masker, terutama bagian depan. Bagian depan masker adalah bagian yang infeksius. Kita tidak tahu virus atau bakteri apa yang menempel di sana. Jika Anda tidak sengaja menyentuh masker, segera cuci tangan pakai sabun atau kenakan hand sanitizer. 

6. Ganti masker setelah 4 jam digunakan

Jika masker kain sudah digunakan selama 4 jam, segera lepas dan ganti kenakan yang baru. Setelah 4 jam, kita tidak tahu apa saja yang sudah mengendap di kain tersebut.

7. Cara melepaskan masker yang tepat

Melepaskan masker perlu metode yang tepat. Setelah digunakan, masker dilepaskan dengan memegang bagian talinya. Hindari melepaskan masker dengan memegang bagian depannya. Kemudian langsung pisahkan masker dan cuci. Jangan lupa cuci tangan Anda dengan sabun.

Demikian 7 hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengenakan masker kain. Karena perlu diganti setiap 4 jam sekali, Anda bisa membawa masker dalam jumlah yang banyak. Sediakan 3-5 masker setiap harinya sebelum mulai beraktivitas. Kemudian segera cuci masker ketika Anda sudah selesai menggunakannya.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar