Selasa, 28 Juli 2020

Raih Untung Berlipat, Yuk Intip 6 Cara Memulai Bisnis Importir

6 Cara Memulai Bisnis Importir

Kebutuhan manusia terus berkembang, sehingga alat pemuasnya pun semakin beragam. Oleh sebab itu, beberapa pelaku usaha memutuskan untuk impor barang dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Anda dapat menemukan berbagai hal, mulai dari alat rumah tangga, pakaian, hingga kosmetik atau skincare perempuan. Bergerak di bidang importir cukup menantang, tetapi diperlukan cara jitu untuk memulai bisnisnya. Yuk cek ulasannya di bawah ini!

Cara Jitu Mulai Bisnis Impor Barang Ke Indonesia

1. Lakukan Riset Pasar dan Produk

Sebelum memiliki satu fokus produk yang akan ditawarkan kepada konsumen, anda harus lebih dulu melakukan riset yang mendalam. Anda harus memiliki target konsumen yang tepat agar produk yang dipasarkan tepat sasaran, seperti usia, jenis kelamin dan lain lain. Selain itu, target konsumen ini juga berfungsi untuk memilih strategi marketing yang jitu. Pastikan produk yang dipilih telah memenuhi kebutuhan target konsumen yang telah anda tentukan.

2. Cari Penjual dengan Harga Terbaik

Setelah menemukan produk yang diingikan, anda dapat mulai mencari supplier yang tepat. Perhatikan hal hal penting sebelum bisnis importir, yaitu memilih supplier yang memberikan produk berkualitas dan harga terbaik. Mencari penjual dengan harga yang tepat dapat dimulai dari beberapa platform online dan lakukan perbandingan harga. Selain perbandingan harga, anda juga dapat informasi produk dengan detail melalui platform pembelian online.

3. Pasarkan Melalui Online

Bisnis online cukup tren saat ini, termasuk di Indonesia. Harga yang diberikan sangat terjangkau dengan berbagai kemudahan, baik untuk pembeli maupun penjual. Anda dapat membuat akun untuk bisnis anda di situs penjualan atau media sosial. Setelah itu, produk yang telah dipilih dapat dipasarkan beserta detail produk di kolom deskripsi. Anda dapat menambahkan harga dan informasi kontak untuk sekadar bertanya atau melakukan pemesanan.

4. Identifiksi Pesaing dan Peluang

Dalam berbisnis, anda harus mengidentifikasi peluang dapat dicapai seperti produk tersebut dibuat oleh Negara mana saja dan serapan dalam negeri atas barang yang ditawarkan. Sebagai importir, anda juga harus mengetahui pesaing yang dapat menggoyahkan bisnis yang sedang dijalankan. Pastikan mengetahui produk serupa dengan kualitas sama atau pelaku bisnis lain yang bergerak di bidang sama. Dengan begitu, anda dapat mengambil langkah yang tepat.

5. Tonjolkan Keunikan dan Kelebihan 

Setiap pembeli ingin membeli suatu barang dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Hal ini telah diketahui oleh setiap pelaku bisnis, sehingga pebisnis berlomba lomba memberikan layanan terbaik untuk konsumen. Oleh karena itu, anda harus memberikan keunikan dari bisnis yang sedang dijalankan. Beberapa contohnya, seperti keunikan produk, harga yang terjangkau, kualitas terjamin, layanan yang mudah, dan pastikan memilih ekspedisi yang terpercaya.

6. Hindarkan Diri dari Tindakan Kriminal

Beberapa pebisnis pemula belum tahu terkait peraturan dari Negara Negara lain. Oleh sebab itu, banyak yang tersandung kasus criminal karena memilih produk yang tidak tepat. Anda harus pastikan Negara pengekspor dapat legalitas mengirim barang tersebut. Importir harus memastikan setiap produk yang akan dibeli telah legal, seperti makanan, produk kesehatan, tanaman, ataupun barang lainnya yang diproduksi dari luar negeri.

Masyarakat modern saat ini memiliki kebutuhan yang beragam, sehingga dibutuhkan produk yang dapat memuaskan kebutuhannya. Tidak jarang barang yang dibutuhkan tidak diproduksi di dalam negeri, sehingga bisnis impor sangat menjanjikan untuk anda. Sebelum memulai bisnis ini, anda dapat melakukan beberapa hal terlebih dahulu. Mulai dari riset pasar dan produk, cari penjual terbaik, pasarkan secara online, identifikasi pesaing, tonjolkan keunikan, dan hindarkan dari kriminalitas. 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar