Selasa, 22 September 2020

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Investasi Sejak Muda


Sekarang ini investasi menjadi hal yang wajib dilakukan. Uang yang telah susah payah diperoleh jika tidak diatur dengan baik akan cepat habis. Menyimpan uang juga akan memberikan resiko selain rentan hilang dan pencurian. Turunnya inflasi nilai uang yang mungkin saja terjadi merupakan resiko penyimpanan uang.

Uang yang disimpan dapat mengalami bermacam-macam resiko sehingga akan lebih baik jika dilakukan investasi. Jika memiliki uang lebih atau memang sengaja disimpan maka investasi merupakan solusi paling bagus. Ada bermacam-macam investasi yang dapat dipilih dari investasi resiko kecil hingga beresiko cukup besar. 

Untuk pilihan alternatif investasi banyak ragamnya. Emas menjadi jenis investasi yang banyak dipilih terutama bagi ibu-ibu. Investasi lainnya yang dapat dipilih yaitu deposito, saham, forex dan P2P. Ada pula investasi berupa fisik seperti rumah dan tanah yang banyak dilakukan oleh orang sejak jaman dahulu.

Investasi sebaiknya dilakukan sedini mungkin agar nantinya dapat memperoleh hasil investasi yang lebih banyak. Jika mungkin terjadi PHK ataupun di masa pensiun maka investasi ini dapat diandalkan. Lalu, mengapa harus melakukan investasi daripada hanya menyimpan atau menabung uang saja? Ada beberapa alasan mengapa harus berinvestasi.

1. Menurunkan Resiko Inflasi

Inflasi menjadi ancaman yang tidak dapat dielakkan jika menyimpan uang di tempat salah. Uang yang disimpan saja akan tergerus inflasi dan akhirnya habis. Tetapi jika uang disimpan dalam bentuk investasi maka akan diperoleh keuntungan dan tidak tergerus inflasi. Investasi baik ini menjadi pilihan tepat untuk penyimpanan jangka panjang dan menguntungkan.

2. Menambah Kekayaan

Sudah pasti investasi di tempat yang tepat akan menambah pundi-pundi kekayaan. Investasi online misalnya investasi rumah kemudian disewakan. Atau investasi di produk deposito, saham atau P2P  yang akan memberikan bunga. Untuk memperoleh kekayaan yang semakin meningkat maka sangat dianjurkan agar menyisihkan uang bulanan.

3. Untuk Biaya Hidup

Investasi yang dipupuk sejak dini akan dapat digunakan sebagai biaya hidup. Bahkan ada investasi yang dapat dipakai setiap bulan tanpa harus bekerja keras dari keuntungannya. Bukan tidak mungkin jika investasi yang dilakukan akan bertambah banyak dan besar. Nantinya investasi tersebut dapat bermanfaat di masa pensiun agar tidak perlu bekerja lagi.

4. Meningkatkan Bisnis

Melalui investasi dapat juga dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis. Investasi dapat dipakai sebagai modal bisnis. Selain itu dapat dipakai sebagai perluasan bisnis. Melalui investasi yang dilakukan tidak jarang akan memperoleh klien bisnis. Pengelolaan investasi yang tepat dapat menjadi pelajaran dasar dari pengelolaan bisnis.

5. Pemilihan Investasi

Untuk memperoleh hasil investasi yang sesuai ekspektasi maka sebelum memilihnya harus paham jenis jenis investasi terlebih dahulu. Pahami juga resiko dan keuntungan yang akan diperolehnya saat mengambil investasi tersebut. Jika sudah paham tentang investasi tersebut maka dipilih sesuai dengan kebutuhan, budget dan pengetahuan yang dimilikinya. 

Untuk belajar investasi yang tepat memang tidak mudah. Ada beberapa investasi yang beresiko besar namun akan memperoleh keuntungan sangat besar. Ada pula investasi yang memiliki resiko kecil tetapi keuntungan yang diperolehnya juga kecil. Oleh karena itu pahami dulu cara investasi yang baik dan benar.

Investasi baik sangat dianjurkan bagi yang memiliki uang lebih daripada ditabung atau disimpan saja. Namun akan lebih baik jika setiap bulan disisihkan uang yang sedikit demi sedikit dapat diinvestasikan. Investasi akan memberikan banyak manfaat dan yang paling penting tidak tergerus inflasi. Keuangan menjadi lebih aman dan memberi keuntungan.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar