Kamis, 21 Januari 2021

Tips Mencuci Agar Pakaian Putih Tetap Bersih

Tips Mencuci Agar Pakaian Putih Tetap Bersih

Rasanya hampir semua orang memiliki paling tidak satu baju berwarna putih di lemari. Warnanya yang bersih dan netral membuatnya cocok dikenakan dengan berbagai gaya.

Namun, butuh ketelatenan tersendiri, nih, dalam merawat baju putih agar tetap awet. Pasalnya, pakaian putih cenderung mudah telihat kotor. Pasti kamu pernah merasakan hal ini bukan?

Baju putih yang nggak terawat baik bisa membuat warnanya nggak awet dan cepat pudar. Bukannya tampak kinclong, penampilanmu bisa-bisa malah terkesan kusam!

Jangan khawatir, saya akan berbagi cara merawat baju putih agar warnanya awet dan nggak cepat kusam. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1.  Selalu pisahkan dari pakaian berwarna

Cara merawat baju putih yang pertama ini jangan sampai lupa, lho! Pisahkanlah pakaian putih dan berwarna saat mencuci, baik di mesin cuci ataupun manual.

Hal ini tentunya untuk menghindari kelunturan atau transfer warna. Jangan sampai pakaian putihmu berubah jadi kusam atau terkena luntur warna lainnya.

2. Langsung bersihkan jika terkena noda

Lagi pakai baju putih, eh, tiba-tiba terkena noda makanan? Sebaiknya cepat-cepat dibersihkan, tuh! Semakin lama dibiarkan, noda pada pakaian putih akan semakin susah hilang.

Kamu menggunakan detergen khusus atau bahan alami seperti baking soda untuk membersihkannya. Gosok-gosoklah bagian yang bernoda dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

3. Sudah 1-2 kali pakai? Cuci!

Kamu suka menggunakan bajumu lebih dari sekali jika masih tampak bersih? Sebaiknya jangan terapkan ini pada baju berwarna putih, ya!

Tanpa disadari, pasti ada beberapa noda yang tersembunyi di pakaian kita. Kalau dibiarkan terlalu lama, bisa-bisa semakin sulit menghilangkannya.

Selain itu, keringat yang menempel pada pakaian juga bisa mengubah warnanya jadi kusam. Jadi, cucilah baju putihmu setelah satu-dua kali pakai agar tetap kinclong!

4. Gunakan pemutih berbahan alami

Tahukah kamu, menggunakan cairan pemutih terlalu sering justru bisa membuat baju jadi kekuningan, lho. Hal ini disebebkan oleh reaksi kimia di dalamnya.

Selain itu, umumnya cairan pemutih mengandung zat yang bisa menipiskan kain kalau terlalu sering pakai. Sayang banget, kan, kalau begini?

Nah, cara merawat baju putih yang paling aman, sih, menggunakan pemutih alami. Kamu bisa gunakan baking soda, lemon, atau cuka. Sudah pasti alami dan mudah dicari, deh!

5. Jangan terlalu banyak memasukkan pakaian ke mesin cuci

Siapa, nih, yang suka menumpuk semua pakaian kotor dalam mesin cuci sampai penuh? Kalau terlalu penuh, detergen dan daya kerja mesin cuci justru bekerja kurang optimal, tuh.

Tak hanya itu, air bilasannya juga jadi tak efektif dalam menyapu semua kotoran dari serat pakaian. Kalau begini, baju putihmu bisa-bisa malah semakin kusam!

6. Pilih Detergen dan Pewangi yang Benar

Cara merawat pakaian yang satu ini sebaiknya selalu diperhatikan. Tidak semua detergen dan pewangi pakaian dapat mempertahankan kualitas pakaiannya, lho. Untuk itu jangan asal memiliki kedua produk tersebut. Saya selalu menggunakan pewangi royale soklin karena selain wangi tahan lama juga membuat pakaian menjadi lembut dan mudah disetroka. Royale by soklin merupakan pewangi dengan aroma khas parfum wanita wangi tahan lama selain itu juga tersedia varian khusus untuk pewangi hijab yang diformulasikan khusus untuk merawat hijab.

0 komentar:

Posting Komentar